Rabu, 03 Agustus 2011

Sejarah Universitas Pendidikan Ganesha


Sejarah perkembangan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, tidak terlepas dari sejarah pendidikan guru di Indonesia. Pada tahun 1950-an, di Indonesia didirikan Kursus B-1  dan B-II yang bertugas mendidik calon guru SMTA. Untuk di Singaraja, diawali dengan berdirinya Kursus B-I Bahasa Indonesia pada tahun 1955 yang kemudian ditambah dengan Kursus B-I Perniagaan pada Tahun 1957.
Selain lembaga pendidikan guru berupa Kursus B-I dan B-II, pemerintah juga mendirikan Perguruan Tinggi Guru (PTPG) di empat kota, yaitu Bandung, Malang, Batusangkar, dan Tondano pada Tahun 1954. Pada Tahun 1958, PTPG dubah menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) dan menjadi bagian dari suatu universitas. Menghindari adanya dualisme lembaga yang menangani masalah pendidikan guru, sejak 1 januari 1960 semua Kursus B-1 dan B-II di Indonesia diintegrasikan kedalam FKIP pada universitas terdekat.
Seirama  dengan kebijaksanaan  yang diambil  pemerintah, sejak tanggal 1 Januari 1962, Kursus B-I Bahasa Indonesia dan Perniagaan 
Singaraja dijadikan FKIP Cabang Universitas  Airlangga Surabaya. Kebijaksanaan tersebut tidak berlangsung lama karena sejak dibuka Universitas Udayana Denpasar pada tanggal 9 Agustus 1962, FKIP cabang Universitas Airlangga dilepas dari Universitas Airlangga dan selanjutnya diintegrasikan ke Universitas Udayana menjadi FKIP Universitas Udayana. Keberadaan FKIP sebagai lembaga yang menangani masalah pendidikan guru mendapat tandingan dari kelompok orang yang mendirikan lembaga pendidikan guru dengan nama Institut Pendidikan Guru (IPG). Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, Presiden Soekarno mengambil kebijaksanaan dengan jalan mengintegrasikan FKIP da IPG menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) berdasarkan Surat Keputusan Presiden No. 1 Tahun 1963. Berpijak dari SK Presiden No. 1 Tahun 1963, tahun itu juga FKIP Universitas Udayana dilepas dan diintegrasikan pada IKIP Malang Cabang Singaraja.
IKIP Malang Cabang Singaraja ternyata hanya bertahan sekitar lima tahun karena tahun 1968 IKIP Malang Cabang Singaraja kembali diintegrasikan ke Universitas Udayana menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Keguruan(F.Kg) dan Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Langkah ini diambil karena adanya kebijakan pemerintah untuk mengintegrasikan kembali semua IKIP Cabang di Indonesia ke Universitas atau Institut negeri terdekat, yang tertuang pada SK Dirjen Perguruan Tinggi No. 161 Tahun 1967.
Berdasar kebijakan baru pemerintah dalam penataan kembali universitas dan institut negeri di Indonesia yang tertuang pada PP No. 5 Tahun 1980, PP No. 27 Tahun 1981, dan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0174/0/1983, berdasarkan Kepres RI Nomor 62 Tahun 1982 pada tanggal 12 Februari 1983, Fakultas Keguruan dan Fakultas Ilmu Pengetahuan dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Udayana. 
jalan dengan kebijakan pemerintah saat itu, sejak tahun akademik 1987/1988 program Studi Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, dan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah tidak menerima mahasiswa
baru. Mulai tahun akademik 1988/1989, FKIP mendapat kepercayaan mengelola Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (Penjaskesrek) yang dimasukkan dalam naungan Jurusan Pendidikan MIPA, dan Program Studi Pendidikan Seni Rupa di bawah naungan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni. Selanjutnya mulai tahun akademik 1990/1991, FKIP juga mendapatkan kepercayaan untuk mengelola Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan Program Diploma II Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dibawah koordinasi Jurusan Ilmu Pendidikan.
Surat Keputusan Presiden No. 8 Tahun 1993 tanggal 16 Januari 1993 secara resmi menyatakan perubahan status FKIP Universitas Udayana menjadi STKIP Singaraja.
Melalui perjuangan yang cukup berat untuk melaksanakan rencana perluasan mandat dan usulan peningkatan serta perubahan institusi selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 19 Tahun 2001, tanggal 5 Februari 2001, STKIP Singaraja disetujui berubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Singaraja.
Perjuangan terhadap perubahan bentuk kelembagaan untuk menjadi Universitas akhirnya disetujui sesuai dengan Peraturan Presiden No. 11 Tahun 2006 tanggal 11 Mei 2006 menjadi Universitas Pendidikan Ganesha (UNDIKSHA).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar